Papua Juara Bertahan Pengidap HIV/AIDS

VIVAnews -- Provinsi Papua masih menempati ranking teratas untuk kasus penyebaran virus HIV/AIDS secara nasional, bila diihat dari jumlah penduduk yang hanya 2,5 juta orang, dengan pengidap lebih dari 6.000 orang. Tapi, bila dihitung  perprovinsi, Papua berada pada urut empat.

"Tanah Papua masih tertinggi secara nasional bila dihitung berdasarkan persentase penduduk, tahun 2009 sesuai dengan data terakhir, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) sekitar 6245 orang dengan rincian, di Provinsi Papua 4745 orang dan Papua Barat 1500 orang," kata Ketua KPA Papua Costan Karma kepada VIVAnews, Rabu 2 Desember 2009.

Sementara untuk wilayah di Papua dengan tingkat pengidap tertinggi secara nasional yakni di Timika, disusul Bandung, Jakarta dan Denpasar. "Kalau kasusnya per kota, Timika berada dalam 4 besar yang jumlah ODHAnya sangat tinggi," ujarnya.

Bahkan di bawah Timika, yakni urut 5 juga kota di Papua yakni Nabire. "Untuk hitungan nasional per kota, ada 2 kota di Papua yang pengidap HIV/AIDSnya sangat tinggi," ucapnya.

Costan mengatakan, dengan jumlah 6245 orang yang terjangkit HIV/AIDS, Papua belum bergeser sebagai provinsi tertinggi di Indonesia dalam penularan HIV/AIDS.   Kondisi ini, menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat bagi KPA Papua, terutama dalam menekan mapun mencegah penyebaran HIV/AIDS, yang didominasi dari hubungan seksual.

Focus penanganan, sambungnya, dalam menekan maupun mencegah penularan HIV/AIDS di Papua, akan diubah, dari menghapus stigma bagi ODHA lebiha kepada HAM, dimana, penanganan secara manusiawi bagi setiap ODHA.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua

Gunung Ruang Erupsi Berpotensi Picu Tsunami, PVMBG Imbau Masyarakat Menjauh Radius 6 KM
Mahar pernikahan mewah

Viral Pernikahan Mewah di Sukabumi, Maharnya Sangat Fantastis Capai Rp5 Miliar

Bagaimana tidak, mengingat nilai mahar secara keseluruhannya sangatlah fantastis. Di mana, pihak pria berikan sebuah mahar dengan nilai fantastis yakni mencapai 5 milyar.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024