Sinyal Tubuh di Balik Hasrat Ngemil

VIVAnews - Ada kalanya muncul hasrat ingin mengonsumsi makanan ringan yang bercita rasa asin, manis atau pedas. Hal tersebut sebenarnya sebuah sinyal yang menandakan bahwa tubuh kekurangan zat tertentu.

Alan R. Hirsch, M.D., penulis buku "What Flavor Is Your Personality?" melakukan penelitian tentang pemilihan makanan pada lebih dari 18.000 selama 25 tahun. Berikut beberapa fakta terkait pemilihan makanan dengan kondisi tubuh. 

- Makanan asin
Saat Anda sangat ingin mengonsumsi makanan asin seperti keripik kentang, kerupuk, mie instan, kemungkinan Anda kekurangan mineral. Penelitian Hirsch juga menunjukkan wanita yang kekurangan kalsium keinginan makan makanan asin sangat tinggi dibandingkan dengan yang cukup kalsium.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Salah satu alasannya adalah sodium secara teratur meningkatkan kadar kalsium dalam darah. "Seseorang yang sangat menyukai makanan asin cenderung menunjukkan kepribadian yang pasrah terhadap takdir," kata Hirsch, seperti VIVAnews kutip dari MSNBC.

- Cokelat
Jika hasrat ingin mengonsumsi cokelat cukup besar, menunjukkan bahwa Anda sedang merasa senang. Cokelat juga merangsang produksi serotonin yang bersifat antidepresi. Saat psikologis Anda dalam keadaan senang, bisa jadi keinginan untuk mengonsumsi cokelat lebih besar.

- Makanan pedas
Saat Anda menginginkan makanan pedas menandakan ada permasalahan dalam meredakan emosi. Tubuh Anda menginginkan rasa yang berapi-api untuk melupakan emosi. Saat makan makanan pedas, Anda akan banyak berkeringat, detak jantung dan tekanan darah pun meningkat.

- Makanan manis

Tidak berbeda dengan coklat, hasrat mengonsumi makanan manis menandakan Anda sedang bahagia dan ingin meningkatkan mood. Selain itu, juga menunjukkan bahwa energi yang Anda memiliki sangat rendah. Tubuh menyerap gula lebih cepat dibandingkan zat lain kemudian menjadikannya energi.

- Makanan manis dan asin
Jika hasrat untuk mengonsumsi makanan manis dan asin sangat tinggi menandakan tubuh membutuhkan sodium dan glukosa. Saat sel-sel tubuh melemah, hasrat untuk mengonsumsi makanan asin dan manis akan sangat tinggi, hal itu agar tubuh tidak cepat merasa lelah.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak
Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024