Jiffest Siap Tayangkan 114 Judul Film

VIVAnews - Jiffest (Jakarta International Film Festival), adalah festival film yang telah diselenggarakan sejak tahun 1999 dan akan memasuki dekade kedua penyelenggaraannya pada Desember ini.

Dimotori oleh duet Shanty Harmayn serta Orlow Seunke yang kini telah pensiun, setiap tahunnya ribuan orang menonton beragam film berkualitas yang datang dari berbagai negeri. Tahun ini sebanyak 114 judul film yang datang dari 24 negara akan memeriahkan Jiffest ke-11.

Demi melengkapi kemeriahan tersebut, sebuah sub-festival bertajuk 'Madani Film Festival' telah disisipkan. Sajian film-film bertema Islam dari seluruh dunia akan menjadi fokus utama dalam sub-festival ini.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Dengan tujuan mulia untuk lebih meningkatkan wawasan publik akan sisi lain dunia Islam yang jarang tersentuh, 'Madani Film Festival' akan menjadi sebuah festival yang berdiri sendiri mulai tahun 2010.

Di tengah maraknya produksi film Indonesia belakangan ini, Jiffest kali ini juga akan mengadakan sebuah proyek bernama Indonesian Feature Film Competition (IFFC), dimana semua film panjang Indonesia yang diluncurkan sejak tanggal 1 Oktober 2008 sampai 30 September 2009 akan berkompetisi memperebutkan penghargaan bergengsi "Best Indonesian Feature" dan "Best Indonesian Director".

Dewan Juri kompetisi ini datang dari sineas yang terdiri dari Brynjar Bjerkem (Ketua tim juri, asal Norwegia, salah satu pendiri Films from the South Festival), Laura Coppens (asal Jerman, Direktur Asian Hot Shot Festival) serta Thomas Chia (asal Singapura, distributor, Lighthouse Pictures).

World Cinema sebagai kategori utama di Jiffest yang menjadi bagian favorit setiap tahunnya, akan kembali memutar ragam film berkelas macam "Departures" (Jepang, pemenang Academy Award tahun 2009 untuk Best Foreign Language film), kisah cinta yang unik dalam "(500) Days of Summer", "The Damned United", "Mammoth", "Coco Before Chanel", "Applause" (Denmark), "North" (Norwegia), "Three Monkeys" (Turki), "Jerichow" (Jerman), "Troubled Water", "Love & Rage" dan "Everlasting Moments".

Selain itu dalam seksi A View From the SEA beberapa film unik yang rata-rata dihasilkan oleh sineas muda Asia Tenggara akan turut memeriahkan Jiffest 2009. Film-film tersebut adalah "Legend is Alive" (Vietnam), "Here" (Singapura), "Adela" (Filipina), "Kala Malam Bulan Mengambang" (Malaysia) serta "Sawasdee Bangkok" (Thailand) yang berkisah tentang kehidupan di Bangkok dari empat sisi berbeda.

Sebagai pembuka pada Jumat (4/12) akan diputar film yang merupakan sekuel dari "Laskar Pelangi" (2008) yaitu "Sang Pemimpi". Sedangkan film penutupnya "New York I Love You" adalah sebuah omnibus dari 11 sutradara dunia seperti Fatih Akin dan Mira Nair. Kedua film ini sayangnya hanya bisa ditonton oleh undangan khusus saja.(wal)













Pabrik GAC Aion / perakitan mobil

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Dalam kurun waktu singkat, perusahaan berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmennya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024