Skandal Bank Century

Kriminalisasi Jadi Momok yang Menakutkan

VIVAnews - Salah seorang ini siator hak angket Bank Century, Andi Rahmat, mengatakan wajar saja apabila Kepala Pusat Pelaporan dan Analisi Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Hussein meminta jaminan berupa kepastian hukum untuk memberikan data mengenai aliran dana Bank Century.

Menurut anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat itu sejak merebaknya kasus dua pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, isu kriminalisasi terhadap suatu jabatan seseorang cukup menakutkan.

"Kriminalisasi sepertinya sudah menjadi momok yang menakutkan," kata Andi ketika dihubungi VIVAnews, Minggu malam, 29 November 2009.

Apalagi, Andi menambahkan, pemberitaan mengenai kasus Bank Century kebetulan merupakan sesuatu yang boleh dibilang 'panas' untuk di konsumsi masyarakat.

Namun, menanggapi Kepala PPATK yang meminta jaminan kepastian hukum dalam Undang-undang agar apabila menyerahkan data laporan mengenai aliran dana talangan Bank Century tidak akan dipidana. Karena itu, Andi mengatakan DPR siap memberikan jaminan angket. "Jaminan angket itu bisa untuk membuka data tesebut kepada Panitia Khusus," ujar Andi.

Panitia Khusus Angket Bank Century harus sudah terbentuk pada 4 Desember 2009, sebelum DPR memasuki masa reses. Apabila pansus sudah terbentuk, maka jaminan angket itu bisa diberikan agar PPATK bisa menyerahkan data yang paling ditunggu oleh masyarakat saat ini.

Dengan demikian desas-desus mengenai adanya dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun yang  mengalir ke panitia kampanye pemenangan pemilu 2009 pada salah satu partai politik pun akan terjawab.

hadi.suprapto@vivanews.com

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024