Persipura Kalahkan dan Patahkan Rekor Persib

VIVAnews - Persipura akhirnya berhasil memetik poin penuh saat berhadapan dengan Persib di Stadion Andi Matalatta, Mattoangin, Makassar, Minggu, 29 November 2009. Lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010 ini berakhir dengan kemenangan tuan rumah 1-0.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Bertanding di kandang sendiri, Stadion Andi Matalatta, Makassar, Persipura langsung mengambil inisiatif menyerang di awal babak pertama. Namun rapinya pertahanan Persib membuat penyerang Mutiara Hitam yang tidak diperkuat oleh Boaz Solossa kesulitan dalam melakukan penetrasi.

Peluang emas pertama justru didapat oleh Persib Bandung. Pada menit ke-17, Hilton Moreira berhasil merebut bola dari kaki Bio Paulin usai memblok umpan Atep dari sisi kiri. Namun tendangan Hilton masih mampu dijinakkan oleh kiper Persipura, Jandri Pitoy.

Persipura balas mengancam gawang Persib pada menit ke-23. Memanfaatkan umpan terobosan dari Ian Kabes, striker Persipura, Alberto 'Beto' Goncalves berhasil melepaskan tendangan keras ke gawang Persib.

Beruntung kiper Maung Bandung, Kosin Hathairattanakool masih berada di posisi yang tepat. Tanpa kesulitan, kiper Thailand itu berhasil memblok tendangan Beto.

Dua striker Persib Christian 'El Loco' Gonzales dan Hilton Moreira mendapat pengawalan ketat dari pemain belakang Persipura yang dimotori oleh trio Bio Paulin, Jack Komboy, dan Victor Igbonefo.

Kondisi ini memaksa pasukan Jaya Hartono lebih berani melepaskan tembakan-tembakan jarak jauh. Sayang dua tembakan terarah dari Atep pada menit ke-24 dan Suchao Nutmum pada menit ke-37 masih mampu ditepis Jandri.

Persipura mencoba mencetak gol di sisa babak pertama. Namun hingga turun minum skor tak berubah 0-0.

Di babak kedua, Persipura langsung mengejutkan Persib lewat gol Beto pada menit ke-47. Gol ini tercipta melalui sebuah kerjasama yang cantik antara Beto dan Yustunis Pae.

Dengan tumitnya, Yustinus memberikan umpan terobosan kepada Beto yang lolos dari pengawalan pemain belakang Persib. Dengan sekali sentuhan, Beto berhasil mengecoh Kosin dan merubah skor menjadi 1-0.

Semenit kemudian, Yustinus kembali memanjakan Ian Kabes. Sayang umpan tariknya tidak berbuah gol karena tendangan Kabes masih melambung di atas mistar gawang Persib.

Ketinggalan 0-1, Persib berusaha meningkatkan serangannya. Namun kokohnya pertahanan Persipura memaksa pemain-pemain Persib lebih berani untuk melepaskan tembakan jarak jauh.   

Eka Ramdani mendapat kesempatan untuk melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-51. Sayang bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Persipura.

Tendangan keras juga dilancarkan Atep pada menit ke-73. Namun kali ini penampilan gemilang Jandry masih mampu mematahkannya. Begitu juga dengan dua tendangan yang dilepaskan oleh Hilton dan Cucu Hidayat pada menit ke-83 dan 84'.

Striker Persib, Budi Sudarsono juga mendapat peluang emas pada menit ke-78. Namun pemain yang masuk menggantikan Christian Gonzales itu gagal memaksimalkannya. Setelah sukses mengecoh Victor Igbonefo, Budi justru melepaskan tembakan yang masih melambung di atas mistar Jandri.

Persib terus menggempur pertahanan Persipura di sisa babak kedua. Namun aksi gemilang Jandri yang sukses memblok  sederet tembakan keras pemain Persib akhirnya mampu menjaga keunggulan 1-0 Persipura hingga pertandingan usai.

Berkat kemenangan ini, Persipura berhasil memperpanjang rekor tak terkalahkannya di pentas ISL 2009/2010. Hingga pertandingan ke-6 Persipura telah mengantongi empat hasil seri dan dua kemenangan.

Sebaliknya, Persib telah mengantongi tiga kekalahan dari 5 laga. Sedangkan dua laga lainnya berhasil dimenangkan oleh Maung Bandung.

Kemenangan ini juga sekaligus mematahkan rekor Persib Bandung dalam menghindari kekalahan. Persipura hingga saat ini belum terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir di ISL.

Sebelumnya Maung Bandung dan Persipura sama-sama mengantongi durasi tak terkalahkan selama 17 laga.

Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel
Mobil-mobil terendam banjir di Dubai

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Momen seorang muazin di Dubai merubah lafadz ‘Hayya alas-solaah," yang berarti ‘marilah sholat’ menjadi, ‘Shollu fii rihalikum’ viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024