Skandal Bank Century

Inisiator Angket Minta Dikawal Amien Rais

VIVAnews - Inisiator hak angket Bank Century yang diwakili Tim Sembilan mendatangi kediaman Amien Rais untuk meminta dukungan dan kawalan Amien atas angket Century yang akan disahkan 1 Desember mendatang. Mereka juga meminta nasihat Amien karena khawatir adanya upaya penggembosan terhadap angket.

"Kami ingin mendapat dukungan dan pengawalan dari Pak Amien. Kekuatan kami dalam proses angket ini hanyalah semangat, sementara penentu angket adalah pimpinan. Jadi kami sedikit khawatir," kata Bambang Soesatyo, anggota Tim Sembilan dari Fraksi Golkar, dalam pertemuan dengan Amien Rais, sore ini, Minggu 29 November 2009

"Jabatan kami semua di partai masih pasukan. Jadi kami minta dukungan dan nasehat Pak Amien," ujar Maruarar Sirait, inisiator asal Fraksi PDIP.

Maruarar menyatakan, Tim Sembilan telah berkomitmen mereka tidak dapat dibeli, tidak dapat ditakut-takuti, tidak dapat dibodoh-bodohi, dan punya rasa malu bila gagal mengungkap kasus Century. Hal itu diungkapkan Maruarar sembari merespon peringatan Amien agar inisiator angket berhati-hati dengan kemungkinan sogokan amplop yang bertebaran selama proses angket.

Marauarar menegaskan, proses angket tidak ditujukan untuk menjatuhkan siapa pun. Namun ia juga meminta agar berbagai kalangan tidak menghakimi atau membenarkan begitu saja segala hal terkait Century secara sepihak.  "Pemerintahan SBY baru berlangsung dua bulan. Kami tidak ingin menjatuhkan siapapun," ujar Maruarar meyakinkan Amien.

Tim Sembilan pun meminta Amien untu bersama-sama mereka menjadikan kasus Century sebagai momen pemberantasan korupsi. "Saya ingatkan DPR agar berhati-hati. Tapi kali ini saya optimis, dan saya harap DPR bisa tahan banting," ujar Amien menanggapi para inisiator angket.

Secara khusus, Amien juga meminta agar Ketua Pusat Pelaporan dan Transaksi Keuangan (PPATK), Yunus Hussein, diberi perlindungan hukum. "Orang yang menjadi kunci pengungkapan kasus Century harus dikawal 24 jam," kata Amien. PPATK merupakan pihak yang dapat mengungkap aliran dana Bank Century.

hadi.suprapto@vivanews.com

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024