35 Pelari Mancanegara Taklukkan Suramadu

SURABAYA POST -- Sejak pukul 03.00 WIB hari Minggu 29 November 2009, kesibukan di kawasan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) telah terasa lain dari biasa.

Untung Cahyono, Penceramah Salat Id yang Materinya Singgung Politik hingga Bikin Jemaah Bubar

Di jembatan yang merupakan landmark Jawa Timur bahkan Indonesia tersebut digelar lomba lari internasional bertajuk Suramadu International Run yang disosialisasikan sebagai Suramadu 10 K. Sedikitnya 35 pelari profesional mancanegara turut serta di antara 7.500-an peserta secara keseluruhan.

"Acara ini merupakan bukti dari kekuatan Jatim sebagai ibu kota kedua dengan Surabaya di dalamnya. Beserta Suramadu yang dimilikinya, Jatim telah membuktikan diri sebagai salah satu potensi penting Indonesia," ujar Andi Alifian Mallarangeng, Menteri Negara Pemuda dan Olah raga (Menegpora) yang meresmikan pembukaan acara di Suramadu.

Menurut Andi, gelaran ini juga bisa dimaknai sebagai upaya pembibitan bagi para pelari muda Jawa Timur yang mempunyai potensi untuk berkiprah di level yang lebih tinggi.

Sementara itu, Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur, yang dalam acara ini bertindak sebagai ketua panitia mengemukakan bahwa Suramadu Run merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2009 sekaligus peringatan hari jadi Pemerintah Provinsi yang ke-64.

"Melalui acara ini kita juga ingin tunjukkan, bahwa keberadaan Suramadu yang dulu saat dikonsep banyak pihak meragukan, kini telah benar-benar terealisasi dan berdiri megah. Ini kita ingin sampaikan ke dunia internasional," ujarnya.

Tidak banyak yang bisa disampaikan pejabat yang akrab disapa Gus Ipul ini karena tenggelam dalam euforia ribuan peserta yang telah memadati lokasi acara sejak pagi. Begitu pun Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, yang juga turut hadir di acara ini.

"Sudah. Pokoknya dengan acara ini kita ingin sampaikan kepada semua pihak baik pemerintah pusat mau pun masyarakat internasional bahwa iklim Jatim saat ini benar-benar aman dan nyaman untuk kegiatan apa pun, dari mulai kegitan olah raga, pariwisata, investasi dan lain sebagainya," ujar Pakde Karwo sesaat sebelum melepas para peserta memulai lomba di garis start.

Di barisan pertama, para peserta internasional menempati garis pertama diikuti para peserta dari kalangan umum, TNI-AD, AU, Armada Timur (Armatim AL), Polda serta juga para atlet nasional dan juga kalangan pelajar. Letusan pistol tanda dimulainya acara dibunyikan tepat pukul 06.10 WIB. Seketika berbondong-bondong para peserta memadatai jalur Jembatan Suramadu yang sehari-hari digunakan untruk jalur kendaraan roda empat tersebut.

"Mari Surabaya berlari. Tetap semangat. Tetap sportif namun juga jaga kondisi selama pertandingan. Selamat bertanding," tukas Pakde Karwo mengiringi langkah awal para peserta di garis start.

Antusiasme benar-benar terjaga selama acara berlangsung. Tak hanya para peserta, panitia dan pengisi acara saja, masyarakat umum juga tumplek blek terlihat memenuhi bibir-biar ruas jalan Jembatan Suramadu. Tak jarang bahkan panitia harus berkali-kali memohon para penonton untuk minggir karena menghalangi pandangan para petugas pencatat waktu.

Sepulu menit berlalu. Suasana langsung semarak saat diumumnkan bahwa telah ada peserta yang telah melewati paruh pertama lintasan atau tepatnya telah menempuh perjalanan 5 km lebih. Sayang, hingga sampai menyentuh garis finish, peserta terdepan tidak mampu memecahkan rekor kecepatan sebelumnya yang dibukukan atas nama Kennedy Kiproo Lilan di ajang Bali 10 K dengan catatan waktu 27 menit 31 detik.

"Peserta pertama yang berhasil mencapai garis finish atas nama Mattheuw Sigey dengan catatan waktu 30 menit 7,06 detik," pengumuman panitia beberapa saat setelah sang jawara memasuki garis finish.

Kennedy sendiri tercecer di urutan ke-2 dengan catatan waktu 30 menit 7,61 detik. Sedang di kelas wanita, pemenang pertama adalah Emily Chepkemoi Samoei dengan catatan waktu 34 menit 35,53 detik. 

"Yang perlu kita catat bahwa para bibit unggul kita ternyata berhasil mencatat waktu yang tidak jauh dari para pelari professional mancanegara ini. Ini capaian yang membanggakan," ungkap Gus Ipul, panggilan Wagub Jatim Saifullah Yusur.

Dia mencontohkan prestasi yang terukir di kategori pelajar wanita yang dimenangkan oleh Yanita Sari dengan catatan waktu 41 menit 31 detik. Gus Ipul berharap bibit-bibit unggul seperti yanita bias mendapatkan perhatian lebih dari Menegpora baik berupa beasiswa, uang pembinaan dan lain sebagainya.

Di akhir acara, para pemenang dari seluruh kategori, yaitu kategori elite internasional pria dan wanita, kelas umum pria dan wanita, serta kelas pelajar pria dan wanita didulat untuk maju ke panggung dan menerima hadiah secara langsung.

Total hadiah sebanyak Rp 500 juta diserahkan langsung pada para pemenang oleh Menegpora, Gubernur Jawa Timur beserta Wagub, Wakil Wali Kota, Pangdam V Brawijaya, Kapoda Jawa Timur, serta para pejabat yang hadir dalam acara ini.

"Kita harapkan semangat ini terus dapat terjaga dan nantinya bias kita selenggarakan tiap tahun. Pak Gubernur pun sudah bersedia menyelenggarakannya tahun depan dengan persiapan yang tentunya jauh lebih matang," tegas Gus Ipul.

Laporan: Taufan Sukma

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia
Ekspresi kecewa pemain Liverpool

Terpopuler: Liverpool Hancur Lebur, 6 Pebulutangkis Indonesia di Olimpiade 2024

Berita mengenai Liverpool yang hancur lebur di leg 1 perempat final Liga Europa menjadi buruan pembaca VIVA sepanjang Jumat 12 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024