Kasus Pemukulan Wasit

PSIR Rembang Panen Sanksi

VIVAnews-Daftar pemain PSIR Rembang yang dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terkait dengan pengeroyokan wasit Muzair Usman bertambah panjang. Tak hanya pemain, tim PSIR sendiri juga tak luput dari sanksi.

Sidang khusus yang dilakukan oleh Komdis PSSI sehari setelah kejadian, 13 November 2008 telah mengusir tiga pemain PSIR dari sepakbola nasional selama seumur hidup. Masing-masing adalah, Tadis Suryanto, Yongki Rantung, dan Stevie Kusoi.

Lewat sidang Komdis ke-21 yang digelar di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 November 2008, Komdis memberikan hukuman yang sama kepada pemain PSIR lainnya, Stanley Mamuaya. Sedangkan tiga rekannya yang lain, Stanley Katuk, Geri Mandagi, dan M Orah diskors dari sepakbola nasional selama dua tahun.

Seluruh pemain ini merupakan pelaku pengeroyokan wasit Muzair saat memimpin pertandingan antara Persibom Bolaang Mongondow vs PSIR Rembang, di Stadion Gelora Ambang, Bolaang Mongondow, 12 November 2008 lalu.

Tak hanya pemain yang kena getah dari aksi brutal Stanley Mamuaya cs. Tim PSIR Rembang juga dijatuhi hukuman tak boleh mengikuti kopetisi nasional selama dua tahun, terhitung sejak keputusan ditetapkan, 18 November 2008.

Belum ada penjelasan resmi dari Komdis PSSI terkait  hukuman bagi pemain-pemain PSIR ini. Sebab lembaga yang diketuai oleh Hinca Panjaitan itu memilih untuk menyerahkan hasil sidang ke Komisi Media PSSI.

Wakil Ketua Komisi Media, Tubagus Adi juga mengaku hanya mendapatkan salinan keputusan Komdis. Mengenai penejelasan, Adi meminta untuk menanyakan langsung kepada Ketua Komdis, Hinca Panjaitan.

Hinca yang selama ini menjadi juru bicara Komdis juga tak bisa dimintai keterangan. Saat dihubungi lewat sambungan telepon, tak ada jawaban dari Hinca. 

Selain harus berhadapan dengan hukuman Komdis, ketujuh pemain tersebut juga terancam berurusan dengan pihak yang berwajib. Sebab, setelah pengeroyokan, Muzair langsung melaporkan para pelaku ke Polres Bolaang Mongondow.

"Memang saya hanya melaporkan dua pemain. Tapi kalau nanti yang terbukti lebih dari itu, saya pikir polisi akan memanggil yang lain juga," kata Muzair usai menerima penghargaan di kantor PSSI, Senayan, Rabu, 19 November 2008.

Dua pemain yang dilaporkan Muzair ke polisi adalah, Stanley Mamuaya dan Yongki Rantung.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024