Gugatan Menkeu vs Vista bella

Ada Keterkaitan Vista Bella dengan PT Timor

VIVAnews - Tim Kuasa Hukum Menteri Keuangan RI, berjanji akan menunjukkan akta-akta asli pendirian dan perubahan kepengurusan dari PT. Mandala Bhakti Buana, PT. Humpuss, dan PT. Timor Putra Nasional. Akta-akta itu dinilai bisa menunjukkan adanya keterkaitan antara PT. Mandala Bhakti Buana dengan PT Humpuss.

Yoseph Suardi selaku pengacara Menteri Keuangan RI mengatakan ada dua orang, direktur dan komisaris di PT. Mandala Bakti Buana juga menjadi pejabat di PT. Humpuss. "Mereka adalah Rulyani Basyir dan Bennyman Saus," kata Yoseph usai sidang gugatan Menteri Keuangan terhadap PT Vista Bella Pratama selaku pembeli aset PT. Timor Putra Nasional, Rabu 19 November 2008.

Dalam gugatannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Menteri Keuangan RI menilai PT Vista Bella memiliki afiliasi dengan PT Timor milik Hutomo Mandala Putra sehingga melanggar perjanjian jual beli aset PT Timor Putra Nasional.

Yoseph mengungkapkan, pihaknya menemukan transfer dana dari PT. Humpuss kepada PT. Mandala Buana Bhakti, yang kemudian oleh PT. Mandala Buana Bhakti ditransfer lagi ke PT. Vista Bella Pratama. "Uang itulah yang digunakan membeli aset PT. Timor Putra Nasional," tambah Yoseph.

Dalam sidang tadi sore, Yoseph menghadirkan saksi seorang petugas dari Direktorat  Direktorat Jenderal Sistem Administrasi Hukum Umum, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Maftuh. Maftuh kemudian menunjukkan akta notaris asli pendirian PT. Vista Bella Pratama.

Jamaloedin selaku pengacara PT. Vista Bella, mengatakan bukti itu tidak akan membuktikan apa-apa. "Itu cuma bukti akta asli pendirian Vista Bella dari Depkumham," katanya.

Dalam persidangan pada Rabu, 15 Oktober 2008 yang lalu, Kejaksaan Agung selaku pengacara negara mengajukan 21 alat bukti yang berupa surat-surat. Salah satu bukti tersebut adalah surat PT. Humpuss  ber-Nomor: 0098/HS/IV/2003 tanggal 10 April 2003, tentang transfer dana sebesar US$ 8.327.968,33, dan sebesar  US$ 4.000.000.

Menurut pihak Menteri Keuangan, surat itu membuktikan adanya aliran dana PT. Humpuss kepada PT. Mandala Buana Bhakti dan selanjutnya dana tersebut  diberikan kepada PT. Vista Bella Pratama untuk pembelian aset PT. Timor Putra Nasional.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024