Volvo Hadirkan C30 R-Design di Indonesia

VIVAnews - Persaingan di pasar mobil premium semakin ketat. Selain bersaing dari sisi desain dan teknologi, para produsen juga berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang mampu memberi sentuhan emosi bagi penggunanya.

Salah satu cara yang saat ini sedang gencar dilakukan adalah memproduksi kendaraan yang dilengkapi dengan aksesori beraura mobil kompetisi, seperti yang dilakukan Volvo, manufaktur asal Swedia.

Volvo memperkenalkan C30 R-Design yang penampilannya sudah di-upgrade secara menyeluruh. Mulai dari eksterior, interior hingga sistem suspensinya. Namun, kendaraan coupe yang menyasar segmen eksekutif muda dan kaum metroseksual ini tidak mengubah mesinnya.

C30 R-Design yang diluncurkan secara resmi di Frankfurt Motor Show pada September 2009 itu, kini bisa juga dipesan di Indonesia. “Pembeli bisa melakukan pemesanan di dealer kami. Kendaraannya sendiri akan didatangkan langsung dari Swedia,” kata Paulus B Suranto, CEO PT Indobuana Autoraya, distributor Volvo di Indonesia, dalam keterangannya, Senin 23 November 2009.

Volvo C30 R-Design dirancang dengan desain mendekati mobil-mobil balap Volvo. Salah satu materi penting pada paket R-Design adalah penggunaan sasis yang lebih keras tapi adaptif, yang berguna untuk menyeimbangkan bodi mobil ketika kendaraan menikung dengan kecepatan tinggi. Tingkat kekerasan sasis juga diimbangi dengan sistem kemudinya, sehingga kendaraan menjadi lebih mudah dikendalikan.

Sasis R-Design dibangun berdasarkan pengalaman membuat sasis tipe sport untuk Volvo S80. Meski tingkat kekerasan dan kelenturannya berbeda karena karakter S80 dan C30 yang berbeda, tapi secara penggunaan memiliki kesamaan, yaitu mengarahkan sasis agar mampu menahan keseimbangan bodi ketika salah satu sisi mendapat tekanan saat mobil menikung atau menerobos udara ketika melaju kencang di jalanan yang lurus.

Untuk memenuhi standar yang tinggi itu, sasis R-Design untuk C30 mengalami penyempurnaan di beberapa area. Sistem steering dibuat lebih akurat dengan meletakkan bushing yang lebih keras. Rasio steering dibuat lebih rendah, yang memberikan respon 10 persen lebih cepat yang bisa dirasakan pengemudinya ketika menggenggam setir.

Tingkat kekerasan per juga ditambah hingga 30 persen. Damper didesain dengan bentuk monotube yang juga didesain lebih keras agar mampu menahan tekanan lebih cepat. Batang stabilizer juga ikut dikeraskan, untuk membantu menahan beban bodi ketika mobil masuk ke tikungan dengan kecepatan penuh.

Dari sisi eksterior, paket R-Design meliputi emblem yang melekat di gril depan. Gril dan kaca spionnya sendiri diproduksi menggunakan material yang difinishing secara special menggunakan silk metal. Penampilannya dibuat lebih sangar dengan penggunaan body kit menyeluruh, yang meliputi spoiler depan dan belakang, door trim moulding yang lebih rendah dan warna side-skirt yang senada dengan bodi. Knalpotnya menggunakan material chrome-plated sport berdiamater 90 mm.

Perangkat lain yang disediakan adalah velg Cratus five-spoke 17-inci yang dibuat dari bahan aluminium. Bila konsumen menginginkan yang lebih besar, tersedia versi opsional 18-inci.

Untuk bagian interior, material kabin menggunakan upholstery dua warna kombinasi, yaitu bahan kulit berwarna cokelat muda dengan pinggiran Flex-Tec berwarna abu-abu gelap, atau bahan kulit berwarna hitam dengan pinggiran berwarna serupa.

Jati dirinya sebagai C30 R-Design ditunjukkan melalui emblem yang diembos di setiap kursi. Desain centre stack (kotak konsol tengah yang mengambang) dan panel-panelnya juga didesain secara khusus. Gear lever knob dibalut kulit dan aluminium.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Pedal-pedalnya menggunakan bahan aluminium dengan lapisan karet. Setirnya juga dibalut kulit dengan emblem R-Design. Speedometer berwarna biru dengan instrument penghitung putaran mesin.

hadi.suprapto@vivanews.com

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024