Kata Chandra Soal Penyelesaian di Luar Sidang

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sinyal penyelesaian proses hukum dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif, Bibit S Riyanto dan Chandra M Hamzah, akan dilakukan di luar pengadilan. Bagaimana tanggapan Chandra?

"Ya, selangkah demi selangkah, jalankan dulu rekomendasi Tim 8," kata Chandra sebelum wajib lapor di Mabes Polri, Jakarta, Senin 23 November 2009.

Presiden memberikan sinyal itu dalam pertemuan dengan pimpinan media massa di Istana Presiden, Minggu malam.

"Inti penyelesaian kasus ini adalah out of court (penyelesaian di luar pengadilan), tapi dilakukan dengan adil," kata presiden. Namun, presiden tak menjelaskan detail bentuk penyelesaian itu.

Dengan tetap menghormati undang-undang, presiden berupaya membuat keputusan terbaik. Presiden ingin kemelut yang berkaitan dengan kasus Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah berakhir damai. "Saya tak ingin menyelesaikan masalah ini dengan cara menimbulkan masalah lain," ujarnya.

Presiden tegas mengatakan, bahwa keputusan yang akan diambil atas rekomendasi Tim Delapan tidak akan melampaui kewenangannya.

Dalam rekomendasinya, Tim Delapan meminta presiden menghentikan kasus Bibit dan Chandra, penuntasan kasus hukum Kabareskrim Irjen Susno Duadji terkait kasus Bank Century, melakukan reposisi personel di institusi penegak hukum, dan pemberantasan makelar kasus di tubuh institusi penegak hukum.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar
Presiden Iran Ebrahim Raisi

Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel

Meskipun beberapa laporan media mengatakan bahwa rudal telah ditembakkan, Iran mengatakan bahwa mereka telah berhasil menangkis dan menembak jatuh beberapa drone tetapi "

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024