Rp 500 M Dana Century Diduga Lari ke Politisi

VIVAnews - Pengusul hak angket Bank Century di DPR kemungkinan makin bersemangat menguak tabir dibalik penyelamatan bank itu oleh pemerintah setelah hasil audit bank diserahkan BPK siang ini. Bocoran audit yang beredar sejak sepekan lalu mengabarkan sebanyak Rp 500 miliar dana itu sempat diduga mengalir ke kantung seorang politisi.

"Dengan munculnya dugaan yang terakhir ini, nama-nama yang dibidik dalam kasus ini bertambah, dari tiga menjadi empat nama," kata  pengusul hak angket Century dari Fraksi Partai Golkar DPR, Bambang Soesatyo kepada VIVAnews, Senin 23 November 2009.

Tiga nama sebelumnya, kata Bambang, adalah mereka yang membuat putusan final bail out itu. Namun ia tidak menyebutkannya. Menurut dia hingga satu pekan sebelum BPK mengumumkan hasil audit investigasi, memang sudah muncul bocoran data.

Bocoran itu menjelaskan bahwa tak kurang dari Rp 3,7 trilyun, dari total Rp 6,7 triliun dana talangan Bank Century, tak bisa dipertanggungjawabkan oleh para perumus dan pembuat kebijakan bailout itu. Dari dana yang tidak jelas itulah, sebanyak Rp 500 miliar diduga masuk ke kantung seorang politisi.

"Kini, di kalangan politisi beredar pertanyaan tentang siapa saja penerima dana talangan sisanya yang Rp 3,2 trilyun itu," kata Bambang.

Karenanya secara tersirat Bambang meminta partai pendukung pemerintah untuk ikut menjernihkan masalah dengan penjelasan-penjelasan yang masuk akal agar tidak muncul spekulasi yang merugikan nama baik presiden.

Sebab Bank Century merupakan faktor kunci penentu stabilitas pemerintahan. Karena statusnya yang demikian tidak ada pilihan lain bagi fraksi-fraksi DPR pendukung pemerintah untuk segera ikut dan aktif menuntaskan kasus ini dengan mendukung hak angket.

"Sebab bocoran data tentang aliran dana yang belum dikonfirmasi ini telah terlanjur berseliweran di ruang publik. Pengetahuan publik itulah yang menyebabkan dorongan kepada DPR untuk menggunakan hak angket semakin kuat dari hari ke hari," katanya.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024