Dimulai Hari Ini

Razia Perokok Digelar di Enam Lokasi

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar razia perokok di tempat larangan merokok mulai Rabu, 19 September 2008 hari ini. Razia ini akan berlangsung selama 9 hari di enam lokasi.

Keenam lokasi yang menjadi target operasi yaitu, kawasan Grogol di Jakarta Barat, Blok M di Jakarta Selatan, Rawamangun di Jakarta Timur, Kelapa Gading di Jakarta Utara, serta Jalan Sudirman-Thamrin dan Lapangan Banteng di Jakarta Pusat.

Namun Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta tidak bisa memberitahukan di titik mana akan digelar razia perokok.  "Kalau diberitahu, takut bocor dan tidak ketahuan sampai berapa jauh implementasi kedua peraturan itu,” kata Budirama Natakusumah, kepala BPLHD DKI Jakarta.

Razia para perokok digelar untuk menegakkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Peraturan Gubernur Nomor 75 Tahun 2005 tentang Kawasan Dilarang Merokok. Rencananya, evaluasi itu akan dikemas dalam bentuk uji petik-teguran simpatik.

Dalam pelaksanaannya, BPLHD DKI Jakarta akan bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat seperti Forum Warga Jakarta (Fakta), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), FKM UI, Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT), serta satuan perangkat kerja daerah (SKPD) di jajaran Pemprov DKI.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menegaskan, pemerintah provinsi belum akan mengenakan sanksi berat terhadap perokok yang merokok sembarangan. Baru sanksi ringan yang akan diterapkan sebagai shock therapy.

"Hukumannya ringan saja dulu. Ini untuk shock therapy dulu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto kepada VIVAnews.

Ketua Fakta Azas Tigor Nainggolan kepada VIVAnews juga mengatakan, belum ada sanksi atas pelanggaran dalam razia kali ini. "Kita hanya memberikan peringatan saja terlebih dulu," ujarnya.

Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS
4 ABG di Bekasi Tawuran Pakai Panah

Ngeri, ABG di Bekasi Kini Tawuran Pakai Panah

Polisi menangkap 4 Anak Baru Gede (ABG) yang tawuran di Kota Bekasi pada Sabtu dini hari, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024