Trik Jadikan Pria Pendengar yang Baik

VIVAnews - Tiap wanita selalu mempunyai keluhan dan biasanya ditumpahkan ke masing-masing pasangannya. Tetapi, kebanyakan pria justru enggan mendengarkan komplain kaum hawa.

Ini tidak hanya terjadi dalam hubungan pacaran atau suami-istri, tetapi lebih luas dari itu. Misalnya, Anda mempunyai bos seorang pria di kantor, di mana pada sesi diskusi atau meeting pendapat Anda seringkali diabaikan.

Berikut lima tips, yang dilansir VIVAnews dari YourTango, Minggu 22 November 2009, agar perhatian Kaum Adam terpusat kepada Anda.

1. Berbicara cukup keras dan lugas
Pendengaran pria tidak sebaik wanita. Hal ini sudah dibuktikan sejumlah studi sebelumnya dalam klinik neonatal. Karena, pria cenderung lebih suka mendengarkan sesuatu yang lebih keras sejak masa kecilnya. Misalnya, cenderung menyukai musik rock, synthesizer, dan semacamnya, sementara wanita lebih sering mendengarkan musik yang lembut. Ini berpengaruh ke kehidupan mereka sehari-hari.
Karena itu, jika Anda ingin suara Anda didengarkan oleh para pria, tinggikan volume suara Anda sedikit. Dengan begitu, pria bisa menangkap jelas apa yang Anda katakan dan apa yang Anda maksud.

2. Mencari perhatiannya
Mintalah waktu luang sejenak kepada pasangan Anda untuk berbincang-bincang. Manfaatkan waktu tersebut untuk berbicara empat mata dan membuatnya lebih fokus pada komunikasi dua arah. Cara ini cukup ampuh untuk memfokuskan perhatian mereka kepada Anda. Jika di kantor, Anda bisa mengunjungi meja atau ruangan rekan kerja maupun bos Anda. Katakan, Anda butuh berdiskusi tentang sesuatu. Ketika terjadi perbincangan empat mata, maka cukup besar kemungkinannya lawan bicara Anda fokus kepada perkataan Anda.

3. Langsung 'to the point'
Para wanita bisa menghabiskan banyak waktu yang berbelit-belit ketika menyampaikan suatu hal. Selain dalam berbisnis, pria enggan mendengarkan lawan bicara yang menyita banyak waktunya. Mereka hanya fokus berbincang dalam 30 detik pertama, bahkan kurang dari itu. Oleh sebabnya, Anda harus buru-buru menyampaikan apa maksud Anda berbicara.
Jika Anda membutuhkan sebuah diskusi, Anda setidak-tidaknya harus menyiapkan satu alasan yang kira-kira cukup penting dan mempunyai dampak. Jadi, untuk mendapatkan perhatian pria, Anda perlu membuat garis besar dengan cepat dan memilih kata-kata yang efektif untuk menyatakan poin Anda.

4. Katakan apa yang Anda mau
Jika Anda meminta sesuatu atau merekomendasikan perubahan, katakan saja. Jangan sekali-kali mengatakan, "Saya pikir.." atau "Menurut saya, ..." dalam memulai perbincangan. Pria akan menilainya sebuah pernyataan, bukan permintaan. Sehingga, para pria akan menafsirkannya "terserah."

5. Akhirnya, berhenti berbicara ketika anda selesai
Wanita memang sulit untuk menghentikan pembicaraan dengan seorang pria. Hal ini bisa merugikan Anda, mengingat kaum pria tidak suka yang berbelit-belit dan cenderung 'to the point'. Kaum pria bisa berpikir kembali dan mengubah pendapatnya.
Hal ini terbukti, tak sedikit seorang sales promotion girl (SPG) kehilangan calon pembeli prianya gara-gara terlalu banyak bicara. Jadi, berhentilah berbicara ketika Anda selesai.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024