Puting Beliung Ancam Malang

SURABAYA POST - Musim hujan yang sedang berlangsung di kawasan Malang dan sekitarnya nampaknya tidak bisa dianggap remeh. Hujan lebat dalam beberapa hari terakhir dan disertai angin kencang berpotensi terjadinya puting beliung yang mampu memporak porandakan kawasan yang dilalui.

Kondisi hujan lebat yang disetai angin kencang tersebut diprediksi berlanjut hingga Desember 2009. Karena itu masyarakat diminta waspada.

Kepala Bagian Analisis Data  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangploso Sutamsi menjelaskan puting beliung biasa terjadi apabila memasuki awal musim hujan. Sebab, angin jenis ini akan muncul pada saat awan tebal hitam datang disertai angin kencang dengan kecepatan minimal mencapai 25 knot.

Berdasarkan data BMKG, Sutamsi menyebutkan suhu di daerah Malang Raya, berkisar 20 sampai 31 derajat celcius, dengan kelembaban udara mencapai 50-94 persen.

"Secara umum, pada awal musim penghujan di Malang Raya selalu ditandai adanya awan hitam dan curah hujan cukup deras tapi singkat, namun diikuti angin kencang," katanya.

Adanya kecepatan angin yang cukup kencang ini, juga akan menimbulkan potensi yang bisa membahayakan warga di kawasan yang dilewati angin itu, yakni mencapai radius 5- 10 kilometer.

Laporan : Putut Priyono

 

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024