Dua Jalur KA Jatim Ditutup

SURABAYA POST - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menutup tiga rute komersial. Dua di antaranya di Jatim, yakni KA Malang Express Surabaya-Malang dan KA Cantik Surabaya-Jember mulai 1 Desember 2009. 

Rute ditutup karena tingkat keterisian penumpangnya tidak mencapai angka minimal. ”Okupansi keduanya hanya 60 persen, padahal seharusnya minimal 80 persen.

Kinerja finansialnya kurang bagus,” kata Humas PT KA Daops VIII, Nur Amin, Rabu (18/11). Ia menambahkan, biaya pemeliharaan tidak bisa ditutupi penjualan tiket.

Kurang baiknya kinerja kedua rute ini disebabkan semakin ketatnya persaingan dengan moda transportasi lain. Misalnya dengan bus. Padahal, harga tiket KA Malang Express cukup bersaing dengan bus yaitu sama-sama Rp 15 ribu.

Sedangkan KA Cantik untuk kelas eksekutif Rp 45 ribu dan bisnis Rp 35 ribu. Nantinya, setelah rute ini ditutup penumpang yang biasa memanfaatkan rute ini bisa dialihkan ke KA Penataran dan KA Mutiara Timur.

Dua kereta yang disebut terakhir juga melewati jalur yang sebelumnya dilewati Malang Express dan Cantik. ”Nanti akan dikaji lagi apakah perlu ada penambahan gerbong setelah ada limpahan penumpang Malang Express dan Cantik,” tambah Nur Amin.

Selama ini Malang Express menggunakan kereta dengan rangkaian enam gerbong berkapasitas 64 penumpang per gerbong. KA Malang Express sudah beroperasi sejak 2006.

Sedangkan KA Cantik sejak 2005. Selain itu, KAI juga menghentikan pengoperasian KA Priangan Ekspres Banjar, Jawa Barat-Jakarta.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Laporan : Anggraenny Prajayanti | Surabaya Post 

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024