Kasus KPK

Sebelum Temui SBY, Tim 8 Minta Doa

VIVAnews - Tim Verifikasi dan Proses Hukum kasus Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah atau Tim 8 siang ini akan menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka pun sempat meminta doa sebelum bertemu dengan SBY.

"Minta doanya saja yah," kata Ketua Tim 8, Adnan Buyung Nasution, di Gedung Wantimpres, Jakarta, Selasa 17 November 2009.

Tim 8 ini dibentuk Presiden SBY pada 2 November 2009. Tim ini diketuai oleh Adnan Buyung Nasution, dan Koesparmono Irsan sebagai wakil ketua. Anggota Tim 8 ini terdiri atas Denny Indrayana, Amir Syamsuddin, Todung Mulya Lubis, Anies Baswedan, Hikmahanto Juwana, dan Komaruddin Hidayat. Mereka bertugas secara independen.

Tim Delapan juga sudah meminta keterangan dari pimpinan KPK, Bibit-Chandra, dan orang-orang yang disebut dan diduga terlibat dalam rekaman tersebut.

Dalam dua minggu, Tim 8 sudah memanggil Komjen Susno Duadji, Anggodo, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Ary Muladi, Antasari Azhar, Abdul Hakim Ritonga, Wisnu Subroto, Ade Rahardja, dan Bambang Widaryatmo.

Pada Senin 9 November, Tim 8 sudah mengeluarkan tiga kesimpulan sementara. Pertama, fakta dan penyidikan yang dilakukan oleh Polri dinilai tidak cukup bagi dilanjutkannya proses hukum tindak pidana penyuapan atau pemerasan.

Kedua, adanya missing link aliran dana kepada pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketiga, jika kasus ini dipaksakan ke pengadilan dengan dakwaan penyalahgunaan wewenang, itu dinilai sangat lemah karena menggunakan pasal karet.

Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, telah ditetapkan sebagai tersangka. Bibit dan Chandra dituduh telah menyalahgunakan kewenangannya dan menerima suap.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024