Rusuh Kenaikan BBM

Pertanyaan Polisi Mengarah ke Peran Rizal


 
VIVAnews- Artis Rieke Dyah Pitaloka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka baru dalam kasus rusuh pasca demo anti kenaikan BBM di depan kampus Atmajaya, Jakarta.
Dia mengaku pertanyaan polisi mengarah pada peran Ketua Komite Bangkit Indonesia Rizal Ramli.

"Tapi Rieke menjawab seadanya, seputar aksi-aksi yang ia tahu dan datangi saja," ujar penasihat hukum Rieke, Taufik Basari usai mendampingi pemeriksaan Rieke di Mabes Polri, Kamis 25 September 2008.

Rieke menimpali, dirinya juga ditanya apakah aksi-aksi setelah pertemuan Komite Bangkit Indonesia merupakan arahan Rizal Ramli. Menjawab pertanyaan penyidik itu, Rieke mengatakan, "Saya yakin ini hasil keputusan bersama seluruh elemen masyarakat yang merasakan betul dampak kenaikan BBM."

Selain pertanyaan yang mengerucut pada peran Rizal, Rieke juga ditanya seputar perannya dalam pertemuan dan aksi Komite Bangkit Indonesia, termasuk aksi demo di Bundaran HI pada 20 Mei 2008 dan pertemuan Komite Bangkit Indonesia pada  24 April 2008. Rieke mengakui bahwa dirinya memang hadir dalam aksi penolakan kenaikan BBM di Bundaran HI. "Saya hanya datang, melakukan orasi, dan setelah langsung pergi meninggalkan acara," ujar Rieke.

Di sela-sela pemeriksaan, Taufik sempat menanyakan status kliennya kepada penyidik kepolisian. Apakah Rieke diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Rizal Ramli atau Ferry Joko Juliantono. "Tapi, penyidiknya cuma bilang, Rieke diperiksa untuk tersangka yang masih dalam pengembangan. Tak menyebutkan nama. Tapi, satu hal yang pasti, bukan Ferry," ujar mantan aktivis Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) itu.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024


Menurut Taufik, Rieke dipanggil untuk dugaan Pasal 160 junto 55 dan 66 KHUP tentang penghasutan yang terkait keturutsertaan dan perbantuan. Selain itu, caleg dari PDI Perjuangan itu juga disodorkan 37 pertanyaan seputar peristiwa rusuh tersebut.

Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024