Kontribusi Ekonomi NTB Terbesar di Tambang

VIVAnews - Sektor pertanian dan pertambangan memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian Nusa Tenggara Barat pada triwulan III 2008. Sektor pertanian mencapai angka 26,91%. Sedangkan sector pertambangan dan penggalian mencapai angka 26,43%.

Angka tersebut berbeda triwulan sebelumnya masing-masing hanya 22,75% pertanian dan 31,91% pertambangan. Struktur perekonomian NTB jika dilihat dari sisi pengeluaran pada triwulan III ini, didominasi dua komponen yakni konsumsi rumah tangga dan ekspor.

"Masing masing komponen memiliki angka 48,69% dan 30,06%," kata Kepala Badan Pusat Statistik NTB Mariadi Mardan, Senin, 17 November 2008.

Menurut Mariadi Mardian, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) NTB pada triwulan ke III 2008 yang dihitung atas dasar harga (Adh) berlaku mencapai Rp 9,274 triliun. Sedangkan penghitungan Adh konstan mencapai Rp 4,426 triliun.

Pada triwulan III ini indicator makro ekonomi di NTB berada pada kisaran yang agak tinggi. Indikator yang mempengaruhi adalah indicator inflasi dan kurs rupiah terhadap dolar AS. Adapun indikator peningkatan kegiatan usaha adalah menurunnya pertumbuhan ekonomi secara tahunan.

"Kondisi saat ini kurang menguntungkan bagi dunia usaha karena dapat membebani tingkat pengembalian usaha," paparnya dihadapan wartawan sore tadi.

Dilihat dari kondisi makro ekonomi di NTB pada triwulan III-2008 mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Peningkatan itu tidak hanya didominasi oleh kelompok sektor primer, namun kelompok sektor skunder dan tersier.

Sumber pertumbuhan ekonomi pada kuartal triwulan III sebesar 11,39 persen. Angka tersebut bersumber dari sektor pertanian 6,07 point, sektor bangunan 1,38 point, sektor pengangkutan dan komunikasi 1,16 point dan sektor jasa 1,03 point.

"Kondisi ini didukung oleh faktor musim, kegiatan dunia usaha dan factor keamanan yang kondusif menjelang pilkada Gubernur," katanya.

Laporan: Edy Gustan/Mataram.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah
Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024